ADP ID - Tolak Kulit Mengkilap: Panduan Bagi Yang Memiliki Kulit Mengkilat

Tolak Kulit Mengkilap: Panduan Bagi Yang Memiliki Kulit Mengkilat

1 minute
Anda pastinya menginginkan rambut dan kuku yang mengkilap, tapi kulit? Pastinya tidak banyak yang menginginkan hal tersebut. Jika Anda menemukan bahwa dahi Anda sudah mengkilap saat jam makan siang, Anda bisa menyalahkan pada kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Mereka menghasilkan sebum (atau minyak) yang membuat kulit Anda terlihat mengkilap dan berminyak.

Anda mungkin telah memperhatikan bahwa kulit mengkilap lebih terlihat di daerah-T wajah Anda (yang terdiri dari dahi, hidung dan dagu). Itu karena kelenjar sebaceous Anda lebih terkonsentrasi di daerah ini. Kulit mengkilap juga mungkin lebih buruk di musim panas ketika Anda berkeringat lebih banyak serta keringat dan minyak lebih cenderung mengumpul di kulit Anda. Sehingga meskipun kita semua sering berhadapan dengan kulit mengkilap dari waktu ke waktu, ini sudah pasti menjadi masalah yang umum bagi remaja di usia 20-an serta bagi mereka yang memiliki keturunan Hispanik, Asia atau Afrika-Amerika.

Bagaimana Cara Untuk Meminimalisir Kulit Mengkilap Kabar baiknya adalah ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir kulit mengkilap dan menjaga agar kulit Anda tetap matte. Tetapi kabar baik lainnya adalah bahwa bagi wanita dengan kulit mengkilap mempunyai kecenderungan untuk menua lebih lambat. Jadi jika mungkin Anda nerasa terganggu sekarang, nantinya Anda akan berterima kasih. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kulit mengkilap:

  • Membersihkan. Bersihkan wajah dua kali sehari – pada pagi dan sore hari. Pilihlah pembersih yang mengandung kaolin, yaitu lumpur yang dapat membantu meminimalisir kulit mengkilap, atau kekuatan pembersihan yang ampur seperti masker. Jangan tergoda untuk mencuci wajah setiap kali terlihat mengkilap. Karena membersihkan wajah terlalu sering dapat menjadi boomerang bagi kulit, yaitu pori-pori akan menghasilkan lebih banyak minyak.

  • Karekteristik (Tone). Untuk mendapatkan garansi kulit bersinar, sapukan toner yang mengandung witch hazel. Karena hal ini membantu menghilangkan minyak berlebih bersama dengan kotoran dan makeup tanpa mengupas kulit Anda dari kelembaban yang penting.

  • Melindungi. Jangan takut menggunakan pelembab. Karena ini membantu menggantikan kelembaban yang hilang sewaktu membersihkan wajah. Di pagi hari, aplikasikan pelembab yang berbasis air, bebas minyak serta mengandung SPF spektrum luas untuk menjaga kulit terhidrasi dan terlindung dari sinar matahari.

  • Melembabkan. Menggunakan pelembab di malam hari sama pentingnya. Pilihlah formula yang non-komedo untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih sehingga kulit Anda terlihat sehat dan terhidrasi. Atau coba gunakan pelembab gel yang mengandung bubuk untuk hidrasi dengan finishing kulit yang matte.

Walaupun sekarang kulit mengkilap Anda mungkin tampak seperti sebuah masalah, sangatlah mudah untuk mengontrol begitu Anda memiliki produk dengan bahan yang tepat di dalam rutinitas perawatan kulit Anda.